Perbedaannya VPN dan Proxy Server? Sama-sama Bagus, Tapi Apa Sih



Untuk orang yang gila internetan kayak kamu, maka sudah tidak asing lagi jika mendengar VPN dan Proxy Server. Banyak yang bisa kamu dapatkan ketika kamu browsing atau hal lainnya dengan memakai jasa VPN dan proxy server. Tapi, apa perbedaannya?
Secara garis besar, VPN dan proxy server itu memiliki banyak kesamaan. Tapi, ada juga perbedaan yang signifikan. Kira-kira, apakah kamu sudah tahu apa itu perbedaannya?
Baca Juga:
  • Yakin Layanan VPN yang Kamu Gunakan Sudah Aman? Cek di Sini!
  • Aplikasi VPN Android Terbaik untuk Akses Situs yang Diblokir
  • Penting, Inilah Arti dari LAN, WAN, MAN, CAN, VPN, dan SAN!
Sama-sama Bagus, Tapi Apa Sih Perbedaannya VPN dan Proxy Server?

Apa Itu Proxy Server?

perbedaan vpn dan proxy server 1
Proxy Server atau proxy adalah server khusus yang dapat menjadi perantara antara komputer atau smartphone kamu, saat kamu ingin menuju sebuah website tertentu. Jadi, ketika kamu tahu mengunjungi sebuah website, itu akan datang dengan alamat IP yang bukan berasal dari PC atau smartphone kamu.
Terus, apakah kamu harus selalu menggunakan proxy setiap kali browsing? Proxy tidak mengenkripsi apa yang kamu buka. Maka dari itu, ini membuka peluang besar untuk hacker agar masuk dan mengambil sesuatu dari kamu. Makanya, proxy server tidak dianjurkan untuk mengerjakan sesuatu yang penting.

Apa Itu VPN?

perbedaan vpn dan proxy server 2
VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. Nah, VPN ini akan memberikan proteksi yang baik, di saat kamu ingin mengakses internet dan mencari informasi. Sebab, kamu akan mampu mengakses konten geoblocked, sampai menyembunyikan alamat IP sekalipun.
Keunggulannya adalah VPN itu sudah terenkripsi. Jadi, koneksi internet akan tersambung ke server pihak penyedia VPN dan akan menambahkan lapisan proteksi, tidak seperti proxy server yang hanya mengganti alamat IP saja. Ini sangat berguna a[abila kamu terhubung dengan situs yang non-HTTPS.
Nah, itu dia perbedaan proxy dan VPN. Apakah kamu sudah paham? Pastikan juga kamu membaca artikel terkait VPN atau tulisan menarik lain dari Jofinno Herian.

Perbedaannya VPN dan Proxy Server? Sama-sama Bagus, Tapi Apa Sih Perbedaannya VPN dan Proxy Server? Sama-sama Bagus, Tapi Apa Sih Reviewed by Anonim on 00.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Loading...
Diberdayakan oleh Blogger.