10 Langkah Super Mudah Untuk Meningkatkan Keamanan Komputer

cara meningkatkan keamanan jaringan komputer
cara meningkatkan keamanan komputer
cara meningkatkan keamanan koneksi ke komputer lain
cara meningkatkan sistem keamanan komputer
meningkatkan keamanan komputer

Selain menggunakan smartphone, kamu juga sering menggunakan komputer atau laptopdalam keseharian kamu, baik untuk bekerja, kuliah, ataupun sekadar hiburan. Komputer yang terhubung ke dalam jaringan internet nyatanya bisa mengancam data dan privasi kamu loh.
Maraknya pemberitaan mengenai peretasan yang terjadi di Indonesia tentu membuat kamu khawatir akan keamanan komputer kamu. Dapat dilakukan dalam keseharian kamu, berikut ini Jaka kasih tahu 7 langkah super mudah untuk meningkatkan keamanan komputer.
Baca Juga:
  • Aktifkan Fitur Keamanan Di Android Ini Buat Androidmu Makin Aman!
  • 5 Aplikasi Keamanan di Android yang Bisa Foto Maling Nya
  • Uninstall Sekarang! 5 Software Ini Punya Masalah Keamanan dan Berbahaya Bagi Pengguna

7 Langkah Super Mudah Untuk Meningkatkan Keamanan Komputer

1. Gunakan Selalu Incognito Mode Saat Berada di Luar

Mode Incognito
Saat kamu berpergian, terkadang kamu memerlukan komputer untuk mengakses email, media sosial, dan sebagainya. Kamu pun bisa mengaksesnya melalui jaringan internet yang tersedia, misalnya di warung internet, perpustakaan, atau hotel.
Fitur incognito mode sangat berguna apabila kamu mengakses data penting saat berselancar internet terutama di tempat publik. Saat masuk dalam mode ini, kamu nggak perlu khawatir data kamu tersimpan, bahkan saat lupa menekan tombol logout sekalipun.

2. Jangan Pernah Lupakan Antivirus

Antivirus
Saat membeli komputer baru, banyak orang khawatir akan fitur keamanannya sehingga menginstall beberapa aplikasi sekaligus, seperti antivirusantispyware, dan internet security. Tentu hal ini akan membebani kinerja komputer yang berimbas pada performa yang lelet.
Kamu sebenarnya nggak perlu khawatir, karena sistem operasi seperti Windows 10 sudah menyediakan antivirus bawaan. Jika terasa masih kurang, kamu cukup menginstal sebuah antivirus lagi, seperti Avast, AVG, Panda, Kaspersky, dan sebagainya.

3. Selalu Update Sistem Operasi dan Aplikasi

Update Aplikasi
Kebanyakan orang meninggalkan proses update baik itu pada sistem operasi maupun aplikasi yang digunakan pada komputernya. Berbagai alasan dikatakan mulai dari lamanya proses update, kinerja komputer yang bakal menurun, dan sebagainya.
Buat kamu yang nggak terhalang dengan kuota internet melakukan proses update dapat meningkatkan fitur keamanan juga loh. Selain fitur keamanan proses update terutama sistem operasi malah akan meningkatkan performa komputer.

4. Ganti Password Secara Berkala

Mengganti Password
Sadar nggak, sudah berapa lama sejak terakhir kali kamu mengganti password akun email? Mengganti password secara berkala setiap 6 bulan hingga 1 tahun sekali sangat dianjurkan dibanding menggunakan password dengan berbagai kombinasinya.
Untuk mempermudahnya, kamu bisa menggunakan aplikasi kalender untuk memberitahumu saatnya mengganti password. Kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi password manager untuk mengelola password pada berbagai akun yang digunakan.
5 Aplikasi Gratis untuk Menjaga Keamanan dan Privasi Android Kamu
5 Aplikasi Gratis untuk Menjaga Keamanan dan Privasi Android Kamu
5 Aplikasi Gratis untuk Menjaga Keamanan dan Privasi Android Kamu
Baca

5. Backup Data dan Dokumen Penting

Backup Data dan Dokumen
Jika kamu sering berkerja secara offline, tentu kamu bakal menyimpan data dan dokumen kamu pada drive penyimpanan yang tersedia. Untuk mencegah kehilangan data yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, kamu dapat melakukan proses backup.
Kamu bisa backup data dan dokumen kamu secara online pada layanan penyimpanan cloudseperti OneDrive atau Dropbox. Sementara itu, buat kamu yang jarang tersambung ke jaringan internet, backup data kamu pada flashdisk atau hardisk eksternal bisa jadi solusinya.

6. Jangan Sembarangan Melakukan Pembayaran Online

Pembayaran Online
Di zaman yang serba praktis ini, berbelanja secara online bisa menjadi pilihan tepat. Selain menghemat waktu dan tenaga, melakukan belanja online terkadang punya harga yang lebih murah. Namun, kamu pun harus berhati-hati dan jangan sembarangan melakukan pembayaran secara online.
Gunakan platform belanja online atau e-commerce terpercaya dalam melakukan sistem pembayaran, terutama yang menggunakan sistem rekening bersama (rekber). Untuk mencegah penipuan, hindari memberikan data pribadi dan nomor rekening pada saat berbelanja secara pribadi.

7. Abaikan Pesan Spam Pada Media Sosial

Pesan Spam
Sering kali kamu menerima pesan berantai yang berisikan promosi atau iklan yang menarik di berbagai sosial media. Bukannya menguntungkan, pesan spam malah berbahaya loh bagi data dan privasi kamu. Jangan sesekali membuka link yang disertakan secara sembarangan.
Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memverifikasi link yang dibagikan apakah sudah benar atau belum. Gunakan Google untuk mengecek situs resmi dari pesan yang diterima. Selanjutnya hapus dan jangan lagi membagikan pesan spam tersebut.
Nah, itulah 7 hal super mudah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan keamanan komputer. Hal-hal yang bisa kamu lakukan sehari-hari ini, tentu akan menjaga data dan privasi kamu juga. Manakah yang sering kamu lakukan? Jangan lupa share pada kolom komentar ya!




10 Langkah Super Mudah Untuk Meningkatkan Keamanan Komputer 10 Langkah Super Mudah Untuk Meningkatkan Keamanan Komputer Reviewed by Anonim on 23.52 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Loading...
Diberdayakan oleh Blogger.